Edukasi Zakat
Zakat Fitrah

Zakat Fitrah

dibuat pada 30 Maret 2022

Zakat Fitrah

Zakat Fitrah mempunyai arti mensucikan dan mengembalikan kepada suci. Zakat Fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan bagi setiap jiwa baik perempuan maupun laki-laki muslim pada setiap bulan Ramadhan sebagaimana hadist berikut:

 

"Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum atas umat muslim; baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau saw memerintahkannya dilaksanakan sebelum orang-orang keluar untuk shalat.” (HR Bukhari Muslim)

 

Penunaian zakat fitrah selain sebagai sarana mensucikan diri setelah menunaikan ibadah selama bulan Ramadhan tetapi juga diartikan sebagai tanda kepedulian antar sesama menjelang perayaan hari raya kepada mereka yang kurang mampu. Sehingga kebahagiaan dan kemenangan bisa dirasakan oleh setiap muslim.

 

Jumlah besaran zakat fitrah

Seperti hadist yang sudah disebutkan, besaran zakat fitrah untuk setiap jiwab sebanyak 2,5 kg atau 3,5 liter dari beras atau makanan pokok lainnya. Atau menurut jumhur ulama, Yusuf qordhowi salah satunya membolehkan mengganti beras, kurma atau bahan pokok lainnya menggunakan uang setara dengan satu sha’ bahan pokok.

Merujuk kepada peraturan yang telah dibuat oleh BAZNAS, 45 ribu rupiah adalah angka rekomendasi yang ditetapkan untuk zakat fitrah pada tahun ini. 

 

Waktu untuk  Zakat Fitrah

Waktu untuk penunaian zakat fitrah dimulai dari awal Ramadhan hingga habisnya bulan Ramadhan. Karena waktunya yang terbatas selama bulan Ramadhan, maka sangat disarankan untuk menyegerakan penunaiannya untuk menghindari khilaf. Dan kewajiban dari zakat fitrah dikenakan untuk setiap muslim yang berjiwa termasuk bayi yang baru lahir pada bulan Ramadhan.

 

 

Edukasi Zakat