Mulai Berzakat

Chef Joni, Sang Penggerak Roda Humanity Food Truck

1
  •   Date :  June 13, 2019
  •   Nimas Afridha Aprilianti
  •   Editor Dyah Sulistiowati
  •   Viewers :  199

ACTNews, BEKASI - Ke mana pun roda Humanity Food Truck bergerak menjalani aksi kemanusiaan, dapat dipastikan ada Chef Joni yang berkecimpung di dalamnya. Seorang koki yang memiliki nama lengkap Joni Kusuma itu mengaku bersyukur, selama lebih kurang tiga tahun ia bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT) bisa memberikan layanan makan gratis kepada yang membutuhkan.

Ya, Chef Joni lah yang menjadi nahkoda di balik tersajinya ribuan porsi makanan siap santap bergizi nan lezat ala Humanity Food Truck. “Tentunya sangat bersyukur sekali bisa bergabung untuk memberikan manfaat kepada orang banyak, baik yang di Jakarta maupun yang di luar kota,” ungkap Chef Joni saat dirinya sedang melakukan aksi di jalur mudik Bekasi-Karawang menjelang Idulfitri lalu.  

Chef Joni juga mengaku banyak mengalami momen suka dan duka. Ia merasakan sulitnya menjalankan tugas saat Humanity Food Truck menyambangi daerah pelosok yang sulit dijangkau, bahkan lokasi bencana. Ia juga merasakan suasana haru bertemu dengan masyarakat yang antusias menyambut kedatangan Humanity Food Truck.

“Berpindah dari satu tempat ke tempat lain, memang banyak memakan energi, belum lagi saya dan seluruh tim harus meninggalkan keluarga. Tapi, alhamdulillah, selama bergabung justru lebih menikmati momen bahagianya. Kami bisa membantu banyak orang, bersedekah tenaga, dan ini sangat luar biasa. Rasanya seperti tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata,” cerita Chef Joni.

Sebagai seorang koki yang sudah berkecimpung di dunia masak-memasak selama puluhan tahun, Chef Joni berkisah, banyak perbedaan yang ia rasakan ketika menjadi koki untuk Humanity Food Truck. Tujuannya bukan lagi mengejar kepuasan dunia, melainkan untuk membantu sesama yang membutuhkan agar kelak mendapat keberkahan dari Allah Swt.

“Dulu, kami masih berkutat di dunia bisnis. Berbeda dengan tiga tahun terakhir ketika masuk ke dalam dunia kemanusiaan. Rasanya pun berbeda, kami sadar akan tugas, akan kewajiban menggerakkan roda-roda Humanity Food Truck. Rasanya kami sudah ikhlas menjalankan tugas kemanusiaan, dan alhamdulillah keluarga juga sudah mengerti,” terang Chef Joni.

Meski jarang bisa pulang ke rumah, apalagi selama bulan suci Ramadan kemarin, keluarga Chef Joni sudah mengerti. Sebagai seorang suami bagi istri dan ayah bagi anak-anaknya, Chef Joni tetap menjalankan tugasnya dalam keluarga dengan memberi pengertian. Bahkan menurut cerita Chef Joni, terkadang keluarganya pun ingin ikut bergabung setiap dirinya pergi bertugas.

“Selama Ramadan jarang pulang. Kalau di Jakarta baru bisa pulang tiga hari sekali, sedang kalau di luar kota sudah 10 hari pun kadang tidak pulang. Tapi, saya sudah menanamkan kepada keluarga bahwa saya sedang bertugas untuk kemanusiaan, untuk menebar manfaat kepada saudara-saudara yang membutuhkan. Alhamdulillah mereka mengerti,” pungkas Chef Joni.

Seiring selesainya bulan suci Ramadan 1440 H kemarin, menandakan genap tiga tahun Chef Joni mengikuti jejak Humanity Food Truck. Genap tiga tahun pula, Chef Joni setia memasak ribuan porsi makanan siap santap yang lezat dan bergizi per hari, membagikannya kepada masyarakat yang membutuhkan. []