Mulai Berzakat

Menuju Desa Bandar, Hantarkan Paket Lebaran untuk Lansia Muslim Minoritas

Menuju Desa Bandar, Hantarkan Paket Lebaran untuk Lansia Muslim Minoritas
  •   Date :  June 13, 2019
  •   Ilham Moehammad
  •   Editor
  •   Viewers :  230

ACTNews, DELI SERDANG - Beberapa hari menjelang perayaan Idulfitri lalu, tidak ada hari libur bagi sejumlah relawan dari Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Deli Serdang. Kala sebagian besar warga sibuk mudik ke kampung halaman, relawan ACT Deli Serdang ini justru makin disibukkan dengan urusan berbagi kepedulian.

Ahad (2/6), dimulai dengan menumpang mobil bak terbuka, sebelas orang relawan bergegas menuju Desa Bandar, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang. Desa Bandar berada tepat di perbatasan Kabupaten Deli Serdang dengan Kabupaten Tanah Karo.   

Durasi perjalanan dua jam ditempuh dari Kota Medan menuju Desa Bandar. Tim MRI Deli Serdang pun berhenti di depan sebuah masjid dengan papan nama bertuliskan, Masjid Al-Hilal. Sebuah masjid besar di tepian jalan lintas Bandar Baru. Masjid ini menjadi menarik karena merupakan rumah ibadah terbesar bagi minoritas Muslim yang berdomisili di Desa Bandar, Sibolangit.

Sudah menanti di depan teras Masjid Al-Hilal, puluhan lansia yang diundang MRI Deli Serdang. Wajah mereka semringah walau hari sedang panas terik. Seperti yang sudah diagendakan, hari itu mereka akan menerima sejumlah paket Lebaran dari kawan-kawan MRI - ACT Deli Serdang.

Para lansia Desa Bandar Baru yang diundang MRI Deli Serdang mengaku jarang menerima perhatian bantuan dari pihak lain. Apalagi sebagai minoritas, muslim di Desa Bandar hanya mengisi 10% populasi dari 5.000 Kepala Keluarga di desa ini.

Mengusung tema “Layanan Berbagi Paket Sembako”, sejumlah paket pangan kemudian diturunkan dari atas mobil. Paket-paket berisi kebutuhan pokok itu pun diterima oleh para lansia asal Desa Bandar.

Hari menuju gelap, menjelang waktu berbuka tiba, Tim MRI Deli Serdang kemudian pamit, undur diri melanjutkan perjalanan pulang menuju Kantor ACT Sumut di Kota Medan. []