Mulai Berzakat

Perjuangan Azka Sembuh dari Empat Penyakit

1
  •   Date :  July 25, 2019
  •   Eko Ramdani
  •   Editor Dyah Sulistiowati
  •   Viewers :  22

ACTNews, DENPASAR – Selang melintang di wajah Azka Salsabila (4) sejak beberapa bulan terakhir. Balita itu mengandalkan selang sebagai jalan masuk makanan ke tubuhnya, dari hidung langsung ke lambung. Azka tak dapat berbuat banyak, kondisi kesehatan memaksa ia hanya dapat terbaring di Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah, Denpasar, Bali.

Balita itu divonis menderita empat penyakit sekaligus: radang otak, lumpuh otak, gangguan saluran pernapasan, serta gizi buruk. Sejak umur 7 bulan, gangguan kesehatan Azka mulai muncul. Puncaknya adalah pada April 2019 lalu. Keadaannya semakin memburuk, ditandai dengan kulitnya yang membiru.

Dhana (35) dan Meida (30), kedua orang tua Azka, merupakan warga Singotrunan, Banyuwangi, Jawa Timur. Mereka mendarat di Denpasar sejak tiga bulan lalu untuk mendampingi pengobatan Azka yang dibawa ke RSUP Sanglah.

“Sebelumnya Azka dirawat di RSU Banyuwangi dan Siloam Jember. Pernah juga Azka tak lagi menjalani perawatan di rumah sakit karena tak ada lagi biaya. Kami terpaksa bawa pulang Azka,” jelas Meida kepada tim Mobile Social Rescue (MSR)-ACT awal Juli lalu.

ACT sejak awal Juni lalu mulai melakukan pendampingan medis kepada Azka. Pengobatan Azka ditanggung oleh jaminan kesehatan pemerintah (BPJS), namun tidak mengkover semuanya. Transportasi serta berbagai biaya hidup lainnya harus ditanggung sendiri oleh keluarga Azka. Sedangkan perekonomian mereka saat ini sedang mengalami kekurangan setelah Dhana, ayah Azka, tak lagi bekerja.

Oleh karena itu, ACT sejak 17 Juni 2019 lalu melakukan penggalangan dana secara daring di www.kitabisa.com/donasiazka untuk meringankan beban keluarga mereka. Biaya yang dibutuhkan untuk pengobatan Azka terbilang besar. Hal ini karena ia dalam satu waktu mengalami empat gangguan kesehatan sekaligus, yang membutuhkan penanganan khusus.

Kini sebulan sudah penggalangan dana dilakukan untuk Azka. Donasi yang terkumpul sekitar Rp 500 juta dan akan digunakan untuk pengobatan Azka. Nantinya, jika terdapat sisa donasi, jumlah tersebut akan dimanfaatkan untuk perbaikan perekonomian keluarga Azka.

“Penggalangan dana masih berlangsung hingga 162 hari ke depan. Azka membutuhkan biaya yang sangat besar untuk kesembuhannya. Perlu uluran tangan dari semua pihak membantu Azka yang masih balita ini agar kembali riang seperti anak seusianya,” jelas Sajjatul Hidzqy dari tim MSR-ACT Bali yang juga sebagai pendamping Azka. []