Mulai Berzakat

Warga Pesisir Bandar Lampung Terima Kebaikan Zakat Fitrah

Warga Pesisir Bandar Lampung Terima Kebaikan Zakat Fitrah
  •   Date :  June 12, 2019
  •   Hermawan Wahyu Saputra
  •   Editor
  •   Viewers :  166

ACTNews, BANDAR LAMPUNG - Jelang Idulfitri 1440 Hijriyah kemarin, sebanyak 200 keluarga nelayan yang berada di Kampung Rawa Laut, Kelurahan Panjang Selatan dan Kampung Gubuk Sero, Kelurahan Kangkung, Bandar Lampung, menerima kebaikan zakat fitrah. Tim Global Zakat-Aksi Cepat Tanggap (ACT) Lampung mendistribusikannya pada Ahad (2/6) dan Senin (3/6).

Sarbiah (54), salah seorang warga Kampung Rawa Laut mengaku sangat senang saat menerima zakat fitrah dari Global Zakat. Sebagai istri dari seorang nelayan, Sarbiah menjalani hidup serba seadanya. Sarbiah dan keluarga tinggal di atas tanah reklamasi berbahan campuran sampah dan pasir. Setiap Subuh, Sarbiah selalu menantikan sang suami pulang melaut dan menjual hasil tangkapan ikannya. Dari hasil tangkapan yang tak seberapa itulah, rupiah demi rupiah dikumpulkan untuk mencukupi kebutuhan harian.

Cerita lain penerima manfaat zakat fitrah datang dari Sugiati (38). Tinggal di Kampung Rawa Laut, bukan sebagai nelayan Sugiati menggantungkan hidupnya. Bersama suami dan kedua anaknya, Sugiati berkeliling dari kampung ke kampung untuk menampilkan kesenian kuda lumping. Ia bertugas sebagai pemain musik, sementara suami dan anaknya menjadi kuda lumpingnya untuk menarik perhatian warga. Hasil dari “pentas seni dadakan” yang ia lakukan, digunakan untuk menghidupi keluarga kecilnya.

“Kalau Ramadan lebih banyak ibadah di rumah, paling keluar sehabis Asar sampai menjelang Magrib, sehari maksimal dapat Rp 50 ribu. Lumayan untuk beli beras, sayur sama uang jajan anak-anak,” cerita Sugiati.

Kepala Cabang ACT Lampung Dian Eka Darma Wahyuni menjelaskan, Global Zakat telah menghimpun penyaluran Zakat Fitrah dari muzaki sejak awal Ramadan 1440 Hijriyah. Dana zakat yang terhimpun, telah terimplementasi seluruhnya kepada ratusan fakir miskin di sepanjang pesisir Kota Bandar Lampung, seperti di wilayah Panjang dan Bumi Waras.

“Terima kasih kepada para muzaki yang sudah mengamanahkan penyaluran Zakatnya melalui Global Zakat – ACT Lampung,” pungkas Dian. []